Kelemahan Orang Indonesia

 on 27/04/12  

1. hobi ngikut

ya, hobi ngikut. orang indonesia cenderung untuk mengikuti trend yang sedang berlangsung di masyarakat. contoh konkrit nya apa? model rambut, baju, dan acara TV. hahaha.. liat gak model rambut anak muda sekarang dan beberapa tahun lalu? satu model A, yang laennya ikutan model A.. satu model rambut serepet-ahe lalu semuanya ngikutt.. ada yang model spiky lalu semuanya ngikutt.. contoh laen: polo shirt.. hahaha.. seinget gua, 3 tahun lalu, polo shirt tuh jadi baju yang biasa-biasa aja.. tapi liat tahun lalu.. semua cowo make polo shirt!! emang orang indonesia tuh hobi ngikut.. itu salah satu buktinya.. dan bukti yang paling mudah diidentifikasi ialah acara TV.. lihatlah sinetron-sinetron Indonesia yang sedang beredar di TV.. mo tau apa kesamaannya?? semuanya berjudulkan “nama tokoh utamanya”.. aneh gak si? Wulan, Intan, Aisyah, dll, dsb.. dan gak cuman sinetron.. acara TV secara keseluruhan tuh emang saling ikut-ikutan.. ingatkah Anda akan masa kejayaan “Sinetron Hidayah-alike”? Bagaimana dengan masa kejayaan “Reality Show Hantu-dan-kawan-kawan”? Hmm.. kalo masa kejayaan “Parade reality show jiplakan dari luar negeri??” Ya.. Indonesia emang hobi ngikut.. hehe..

2. hobi sok setia kawan

Nahh.. ini hobi orang Indonesia yang cukup kental.. Sok setia kawan.. “Mo lo bener ato lo salah, gua bakal tetep belain lo karena lo temen gua!” Gua setuju.. Hahaha.. Tapi gua kurang setuju dengan hal-hal yang umumnya terjadi setelah kalimat itu terucap.. Hehe.. Udah nonton film Get Married?? tau kan kenapa tuh tawuran antar kampung di film itu bisa terjadi?? Inget kata-kata bodyguard-berbadan-besar kepada bosnya?? “Lo tuh kelamaan di States, bos.. Kalo di sini ya pake cara Indonesia! Pake otot! Gak pake otak!” Hahaha.. kena banget.. tapi emang itu yang sebenernya kejadian di negara kita.. tawuran antar sma, tawuran antar kampung, bahkan perang antar suku.. semuanya berawal dari masalah-masalah kecil yang di-amplifikasi atas nama setia kawan.. gua setia kawan.. dan gua sangat menghargai apa arti pertemanan.. tapi tidakkah kita bisa lebih bijak dalam bertindak? hehe..

3. hobi diprovokasi dan memprovokasi

Orang Indonesia itu mudah dihasut. Sudah terbukti sejak penjajahan Belanda yang menghasut Indonesia dengan politik adu dombanya. sebenernya, poin ini berkaitan ama poin nomor 2 di atas. inget Indonesia beberapa tahun yang lalu? demonstrasi dimana-mana.. topiknya mulai dari harga beras ampe otonomi daerah! semuanya dah! dan gak jarang, demonstrasi itu berujung pada kegiatan-kegiatan anarkis yang sudah lari dari tujuan awal berdemo. Demonstrasi emang salah satu cara mengeluarkan pendapat.. dan demostrasi tuh emang ada undang-undangnya.. bahkan kalo mo demo ada prosedur lapor dulu ke kepolisian supaya demo itu dilegalkan.. kalo emang demonstrasi itu bertujuan “tulus” sih fine-fine aja.. tapi alangkah disayangkannya kalo demonstrasi itu sebenernya cuman digerakkan oleh beberapa oknum untuk kepentingan dirinya sendiri.. gak penting banget kan.. yaaahhh.. positifnya sih.. orang Indonesia emang banyak yang cocok jadi “influencer” kali ya.. Hahaha.. kalo di jalan yang bener bisa cocok jadi motivation trainer dan kalo di jalan yang salah ya jadi provokator! hahahaha.. btw ada yang inget demonya supir taksi terhadap bluebird?? gua dah mikir 18 kali dan gua masih gak habis pikir.. benar-benar alesan yang amat aneh untuk berdemo.. “semenjak ada blue bird di bandung, penghasilan kita berkurang!! soalnya bluebird pake argo!!!” dan dengan alesan seperti itu mereka merasa dirinya benar dan menuduh bluebird yang salah.. (*gua yang tolol apa gimana sih??)

4. hobi sweeping sok bela bangsa dan negara

sweeping orang Malaysia, sweeping orang Cina, sweeping produk Amerika, sweeping X, sweeping Y.. dan bahkan gua pernah denger ada sweeping restoran dan rumah makan saat bulan Ramadhan.. (*hah?? have u lost ur mind??) gua gak ngerti deh ampe sekarang.. mengapa kita harus menyelesaikan suatu masalah dengan cara sweeping?? kalo Indonesia punya masalah dengan Malaysia di bidang X, ya selesaikanlah bidang X tersebut.. misalnya: kalo kasusnya tuh antara polisi Malaysia dan wasit Indonesia ya berarti pihak yang berkewajiban ialah Kepolisian Malaysia, Pemerintah Malaysia, Pemerintah Indonesia, dan beberapa pihak lain lah yang mungkin emang berkaitan.. nahhh, ada kaitannya ama orang Malaysia yang lagi liburan setengah telanjang di kolam renang hotel gak??? gak kan!! lalu kenapa tuh orang yang dikejar2?? sweeping orang Cina tuh lebih bikin gua bingung.. gua gak ngerti kenapa mereka harus disweeping.. sweeping produk Amerika juga sama anehnya.. orang Palestina ama Israel lagi perang lalu kita malah tiba-tiba nge-sweeping produk Amerika.. Heh???! (Iya abisnya Amerika ngebelain Israel!!) Ya, lalu apa urusan kita??? Emang aneh ya ada dua negara berperang?? Lalu kalo kita nge-sweeping produk Amerika lalu apa untungnya?? Ada?? Belum lagi orang Indonesia tuh hobi banget ngebakar bendera negara orang.. gak sopan woy!! untung aja tuh negara yang benderanya kita bakar gak balik nge-sweeping orang-orang Indonesia yang tinggal di negaranya.. coba kalo iya! mampus kan!!

5. hobi sterotyping and labelling

nahh.. ini nih hobi kita yang kelima.. stereotyping and labelling.. “orang padang itu pelit.” “orang cina itu pelit.” “pembantu itu orang jawa.” “orang batak itu supir angkot.” “amerika itu eek.” “malaysia itu plagiat.” “cewe sunda tuh matre.” dan masih banyak lagi.. lu tersinggung?? well, it makes the two of us.. hehe.. lebih-lebih lagi kalo lu mendengar stereotyping yang udah nyerempet-nyerempet agama. huahhh.. kayanya orang Indonesia tuh hobi banget make majas sebagian-untuk-seluruh.. baru juga 2 temennya yang orang padang dan kebetulan pelit, langsung deh dia berkesimpulan “orang padang tuh pelit.” dan walaupun semua supir angkot tuh orang Batak, and so what? The text you are reading is not written by supir-angkot, u fool.. Hehehe.. stereotyping tuh gak baik teman-teman.. kita gak boleh menggeneralisir sesuatu cuman dari beberapa aspek yang kebetulan kita liat.. gak enak banget lho digituin.. kita sama-sama gak mau kan kalo cuman gara-gara mayoritas agama penduduk di Indonesia, ada orang luar negeri yang bilang gini.. “Indonesia tuh negara teroris..” nah lo! sakit ati gak digituin? teroris dimanaaa.. Indonesia nya dimana.. nah.. gak enak kan..

6. hobi ngeliat faktor X, faktor Y, dan faktor Z

“hmm.. dia tuh cewe.. kayanya cewe tuh gak bisa deh megang tanggung jawab kaya gitu..”

“wahh.. dia tuh suku A.. susah lo ntar… suku A kan blablaba..”

“eh, si X tuh agamanya apa sih?? agama X ya? waduh… yang agamanya Y aja dehh!”

(ketiga contoh di atas ialah CONTOH NYATA yang terjadi dalam kasus PROMOSI JABATAN PNS!)

 7. Hedonisme

Karena perilaku Hedonisme sangat erat hubungannya dengan orang Indonesia khususnya para remaja yang sering dibombardir dengan majalah ala HAI, GO GIRL, TEEN, dan sederet majalah fashion and life style lainnya. Belum lagi iklan seperti PONDS dengan message nya yang khas: White is Beauty. Atau yang lagi happening, BlackBerry, Lebih Produktif (Konsumtif) dengan BlackBerry.

Hold on a second! Apa itu hedonisme? Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Bagi para penganut paham ini, bersenang-senang, pesta-pora, dan pelesiran merupakan tujuan utama hidup, entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak. Karena mereka beranggapan hidup ini hanya satu kali, sehingga mereka merasa ingin menikmati hidup senikmat-nikmatnya. di dalam lingkungan penganut paham ini, hidup dijalanani dengan sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu yang tanpa batas.

Hedonisme erat hubungannya pula dengan perilaku KONSUMTIF. Padahal kata 'Consume' digabung dengan 'Tive' berarti hal-hal yang berhubungan dengan (perilaku) konsumen. Namun demikian, kata konsumtif telah dipersempit cakupannya menjadi kegiatan membeli barang bukan berdasarkan kebutuhan tapi keinginan semata. Mereka yang berperilaku konsumtif cenderung membeli barang berdasarkan WANT bukan NEED.
Kelemahan Orang Indonesia 4.5 5 Fizzo's Blog 27/04/12 1. hobi ngikut ya, hobi ngikut. orang indonesia cenderung untuk mengikuti trend yang sedang berlangsung di masyarakat. contoh konkrit nya ap...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.