Harta Karun di Dasar Laut Indonesia

 on 05/04/12  





Harta karun yang ditemukan di laut Indonesia. 

Harta karun bertebaran di perairan Nusantara. Dulu, kira-kira seabad sebelum Bangsa Eropa berlomba-lomba menuju kawasan kaya rempah, wilayah yang kini menjadi Indonesia ini telah mahsyur di bidang perdagangan. Nusantara memiliki hubungan dagang dengan India dan Timur Tengah, lalu pada abad ke-4 dengan orang-orang Eropa.

Selama itulah, tak terhitung jumlah kapal yang hilang dan karam di wilayah Nusantara: kapal China yang mengangkut harta dan keramik berharga, 800 kapal Portugis yang hilang sejak tahun 1650 dalam pelayaran dari Portugal ke Atlantik selatan, melalui Samudra Hindia dan ke Asia Tenggara, lebih dari 7.000 kapal hilang yang didata English East India Company (EIC), juga VOC Belanda yang kehilangan 105 kapal yang berlayar antara tahun 1602 dan 1794. Semua kapal bermuatan barang berharga.

Tak heran, perairan Nusantara menjadi incaran, baik oleh arkeolog bawah laut maupun para pemburu harta karun.
Salah satunya, Mamat. Dengan bersenjatakan selang kompresor dan peralatan seadanya, pemburu harta lokal asal Mentawai ini menyelami sebuah titik di Samudera Hindia.

Tak lama menyelam, ia menemukan hamparan harta berupa barang pecah belah, jangkar kapal kuno, juga perunggu bertuliskan simbol perusahaan dagang Belanda, VOC.

Bencana alam tsunami yang menggulung Mentawai pada Senin 25 Oktober 2010 ikut menguak keberadaan sejumlah harta. Satu dari empat titik harta karun telah bocor ke telinga para nelayan.

Namun, tak melulu para pemburu harta yang berorientasi duit. Ada juga pihak yang melakukan penyelaman untuk menyelamatkan artefak itu. Salah satunya Hardimansyah, yang memilih merahasiakan titik harta karun yang ia temukan dan melaporkannya ke pemerintah. "Angkat barang antik lalu jual, bagi saya tak seperti itu, seminggu paling uang habis. Untuk saya, sejarah tak bisa dipenggal," kata dia.

Hingga saat ini, perdebatan soal hak milik harta karun yang ditemukan, baik di laut maupun perut bumi Nusantara tak kunjung berakhir.  

Sumber : Viva News

Harta Karun di Dasar Laut Indonesia 4.5 5 Fizzo's Blog 05/04/12 Harta karun yang ditemukan di laut Indonesia.  Harta karun bertebaran di perairan Nusantara. Dulu, kira-kira seabad sebelum Ban...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.