Bom Waktu Utang Negara

 on 10/05/12  



Dalam enam tahun terakhir utang pemerintah melonjak hampir 40%. Utang negara ibarat bom waktu. Utang negara yang kini mencapai Rp1.768 triliun . Dalam kurun enam tahun,  yang awalnya Rp65,2 triliun bertambah dua kali. Selain itu, dalam lima tahun terakhir pembiayaan utang kian dominan dan berkontribusi rata-rata 75,1% dari total pembiayaan APBN.
Kebanyakan untuk membayar gaji dan program yang tidak berdampak terhadap sektor riil. inilah yang tidak masuk di akal, harusnya utang digunakan untuk sesuatu yang produktif, tapi hutang digunakan untuk gaji. Utang dapat memberikan dampak kalau dipakai untuk menggerakkan ekonomi.

Pembayaran bunga utang dalam lima tahun terakhir naik 200%, dari Rp65,2 triliun menjadi Rp116,4 triliun. Data keseimbangan primer  menunjukkan sudah dalam tahap mengkhawatirkan.

Utang pemerintah indonesia hingga Juni 2011 mencapai Rp 1.723,9 triliun. Dalam sebulan utang pemerintah naik Rp 7,34 triliun dibanding Mei 2011 yang sebesar Rp 1.716,56 triliun. Jika dibagi dengan jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2010 saja sebesar 237,6 juta jiwa, tiap orang Indonesia akan menanggung utang sebesar  Rp.7.283.058,-. Jika menggunakan PDB Indonesia yang sebesar Rp6.422,9 triliun, maka rasio utang Indonesia tercatat sebesar 26%. Penyebab utama dari bertambahnya utang ini adalah defisit anggaran yang diterapkan oleh pemerintah, artinya pemerintah lebih banyak melakukan pengeluaran daripada mengumpulkan pemasukan. Perlu dicatat juga, utang luar negeri ini juga disebabkan oleh pihak swasta, data Bank Indonesia (BI) menunjukkan pinjaman luar negeri swasta telah meningkat 12,6% pada kuartal I 2010.
Dampak peningkatan utang ini jelas akan menyebabkan beban yang tidak semestinya pada generasi mendatang. Secara logis pemerintah dengan kebijakan fiskalnya akan melakukan penekanan pengeluaran dan penambahan pemasukan atau dengan peningkatan pajak. Penekanan pengeluaran biasanya lebih memilih untuk mereduksi subsidi untuk rakyat. Jadi lengkaplah penderitaan rakyat yang negaranya mengalami defisit anggaran yaitu pajak yang tinggi dan minimnya jaminan penghidupan dari pemerintah karena subsidi akan ditekan sekecil mungkin agar tidak membebani anggaran negara.

Bom Waktu Utang Negara 4.5 5 Fizzo's Blog 10/05/12 Dalam enam tahun terakhir utang pemerintah melonjak hampir 40%.  Utang negara ibarat bom waktu. Utang negara yang kini mencapai Rp1.768 ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.