SDA atau SDM Indonesia???

 on 20/10/12  


Sumberdaya manusia adalah kunci bagaimana membangun bangsa ini karena tidak ada satu negarapun yang maju karena kekayaan alamnya. Buktinya? Jepang, negara dengan sumber daya alam yang tidak berlimpahpun mereka bisa berbicara di tingkat dunia mengenai kemajuan bangsanya.
Manusia cerdas Jepang sadar akan kekurangan SDA mereka sehingga mereka menggunakan kelebihan mereka untuk membeli   SDA dari negara kaya SDA, Indonesia adalah salah satunya. Dari sini dapat dilihat akan tercipta siklus industrialisasi : bahan mentah berasal dari Indonesia, diolah di Jepang, kemudian dipasarkan ke seluruh dunia – termasuk Indonesia, jadi Indonesia sebagai  sumber bahan mentah, sekaligus pasar..  Proses pengurasan sumberdaya alam Indonesia yang dilakukan oleh asing akan terus berlangsung dikarenakan Indonesia tidak memandang Pendidikan sebagai aspek terpenting dalam menjalankan organisasi yang bernama Negara. Pemerintah yang paling bertanggung jawab karena tidak bisa mengelola sistem pendidikan sehingga banyak terjadi komersialisasi pendidikan, sekolah rubuh, tawuran dan pelajar kriminal, seks bebas, pesta miras dan narkoba, dan lain-lain.

Contoh lain  adalah Singapura,  negara kecil, tak punya lahan untuk bercocok tanam, tidak mempunyai perairan yang mampu menghasilkan ikan-ikan laut. Semua yang dimakan oleh rakyatnya adalah impor, tak punya ladang minyak, batu bara, apalagi perkebunan sawit, tapi banyak sekali perusahaan dari Singapura yang bergerak di bidang pengolahan sumber daya alam yang beroperasi di Indonesia.  Singapura, negara tanpa minyak itu saja mempunyai cadangan minyak untuk 6 bulan kedepan, dan itu semua berasal dari Indonesia.

Bagaimana dengan Indonesia ?Dengan luasnya lahan pertanian dan perairan yang dimiliki, harusnya mampu mendatangkan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia secara merata. Bahan makanan bisa dihasilkan dari lahan sendiri tanpa beli dari negara kecil seperti Vietnam, jadi semua tergantung dari pengelola negaranya dalam memajukan SDM. What do U think?
SDA atau SDM Indonesia??? 4.5 5 Fizzo's Blog 20/10/12 Sumberdaya manusia adalah kunci bagaimana membangun bangsa ini karena tidak ada satu negarapun yang maju karena kekayaan alamnya. Buktinya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.